SELAMAT DATANG
Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Translate


Rabu, 19 Agustus 2009

Mengapa Harus Marah Terjadi?

Pekanbaru 00.21 BBWI 21 Mei 2009
Created by : M. Imron

Sering kali kita tiba-tiba marah tidak terkendali. Berapa kali kita harus marah dalam sehari, seminggu atau sebulan. Marah kadang-kadang harus kita lakukan dan kadang-kadang sangat amat tidak kita harapkan, apalagi kita yang dimarahi. Dimarahi adalah sesuatu yang amat tidak kita sukai. Hal ini terjadi karena kita pada hakekatnya lebih suka memarahi karena memarahi sudah menjadi hobi atau sudah terbiasa terjadi. Terbiasa memarahi atau dimarahi sama –sama tidak berarti mengingat keduanya sama-sama merugi. Memarahi merugi karena dengan memarahi pribadi kita telah tidak terkendali oleh hati nurani begitu jua dimarahi sudah jelas merugi karena pribadi kita terasa dicaci maki. Ini berarti marah atau dimarahi harus dan bagaimana agar tidak terjadi, mengingat keduanya sama-sama merugi.

Marah adalah sesuatu yang tidak terkendali didalam diri sendiri, ini berarti telah hilang, tertutupi atau berhentinya pikiran yang disebabkan tekanan yang datang secara spontan, maka terjadilah marah. Dimarahi terjadi karena telah lupa diri, tidak terkendalinya diri akan sesuatu yang sebenarnya tidak disukai oleh orang lain. Terjadinya lupa diri disebabkan masing-masing fungsi unsur-unsur pribadi seperti sifat, karakter, tabiat, watak, pikiran dan prilaku yang bekerja dengan sendiri-sendiri tanpa ada yang mengepalai.

Marah dapat dihentikan secara pribadi dengan melatih diri-sendiri untuk senantiasa memonitor, mengkontrol serta mengevaluasi unsur-unsur diri agar berperan aktif pada waktu yang cepat dan tepat pada saat dipanggil oleh pikiran untuk melakukan tindakan. Begitu juga agar dimarahi tidak terjadi pada diri kita sendiri maka harus dihindari segala sesuatu yang menyebabkan kita tidak kontrol unsur-unsur pribadi untuk melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan pikiran, maka inilah yang disebut kelalaian.

Marah bukan sesuatu yang tidak bisa dihindari dari pribadi kita. Dilihat dari segi terjadinya marah yang disebabkan karena terhenti dan tidak ada koordinasi antara pikiran dengan hati nurani. Jadi sebenarnya orang marah bukan karena tindakan, perbuatan orang lain yang salah menurut kita, marah hakekatnya adalah soal kekuatan dapat tidaknya mengendalikan diri dan emosi. Maka sifat marah adalah spontanitas, marah yang berlarut-larut berarti berhentinya pikiran atau bekerjanya pikiran secara negatif. Dengan demikian berfikir positif juga dapat mengurangi dan menghilangkan marah dari diri kita sendiri.( created by : M.Imron)

---------------Ekplorasi Pikiranku-------------------




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Item Reviewed: Mengapa Harus Marah Terjadi? Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi