SELAMAT DATANG
Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Translate


Rabu, 28 September 2011

Menjawab Pertanyaan Atheis Tentang Adanya Tuhan



assalamualaikum..
Pak ustadz yang saya hormati, saya mempunyai pikiran yang mengganjal dalam benak saya. pemikiran ini berawal dari sebuah forum dimana salah satu anggotanya berkomentar “benarkah alam semesta diciptakan oleh tuhan? lalu siapa pencipta Tuhan sehingga Tuhan itu ada?”
Menurut PakUstadz bagaimana saya menjawab pertanyaan seperti diatas apabila ada seseorang yang bertanya seperti kalimat diatas kepada saya.
sekian pertanyaan dari saya. mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan
wassalamualaikum
Hamba Allah

Jawaban

Waaalaikumussalam Wr Wb
Jika orang-orang atheis berkeyakinan bahwa segala sesuatu haruslah masuk akal agar bisa dipercayai justru pertanyaan yang diajukan olehnya tidaklah masuk akal. Hal ini menandakan bahwa pertanyaan tersebut bukanlah muncul dari akal sehat karena akal sehat tidaklah bertabrakan dengan kebenaran. Akan tetapi pertanyaan itu muncul dari bisikan setan didalam hatinya.
Syeikh Muhammad Shaleh al Munjid mengatakan jika kita membuka perdebatan terhadap pertanyaan Siapa Pencipta tuhan ? maka si penanya akan bertanya lagi : Siapa Pencipta yang Menciptakan Tuhan ? lalu Siapa Pencipta yang menciptakan si Pencipta Tuhan ? begitu seterusnya tanpa ada akhirnya, dan ini tidaklah masuk akal.
Sedangkan seluruh makhluk yang ada berujung pada Sang Pencipta Yang menciptakan segala sesuatu dan tak ada satu pun yang menciptakannya akan tetapi Dia lah Sang Pencipta yang tidak ada selain-Nya, dan inilah yang sesuai dengan akal dan logika. (www.islam-qa.com)
Pertanyaan tersebut hanyalah bersumber dari setan sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairoh bahwa Nabi saw bersabda,”Setan akan mendatangi seorang dari kalian lalu mengatakan,’Siapa yang menciptakan ini ? Siapa yang menciptakan ini? sehingga dia akan berkata,’Siapa yang menciptakan Tuhanmu? Dan apabila dia menghinggapinya maka berlindunglah kepada Allah darinya dan hendaklah dia menyudahinya.”
Imam Muslim juga meriwayatkan dari Abu Hurairoh berkata bahwa Nabi saw bersabda,”Manusia akan senantiasa bertanya hingga yang dikatakan,’Ini adalah Allah yang menciptakan makluh lalu siapakah yang menciptakan Allah?’ dan barangsiapa yang mendapatkan sedikit saja tentang hal ini maka katakanlah ‘Aku beriman kepada Allah.”
Nabi saw bersabda,”Manusia senantiasa bertanya hingga seorang dari mereka berkata,”Ini Allah yang menciptakan makhluk lalu siapakah yang menciptakan Allah?’ Apabila mereka mengatakan demikian maka katakanlah :
اللهُ أَحَدٌ، اللهُ الصَّمَدُ، لمَ يَلِد وَلمَ يُولَد، وَلمَ يَكُن لَهُ كُفُواً أَحَد
(Allah Maha Esa, Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.)
Kemudian meludahlah ke sebelah kiri tiga kali dan berlindunglah (kepada Allah) dari godaan setan.”
Dengan demikian jelaslah bahwa pertanyaan semacam itu adalah dari setan yang ingin merusak agama dan akal sehatnya dan mejauhkannya dari Allah swt dan kebenaran.
Mungkin saja jawaban seperti ini tidak diterima oleh seorang yang kafir kepada Allah dikarenakan sifat inkar dan dusta yang ada didalam hatinya telah menutupi kebenaran dan akal sehatnya namun tidak bagi seorang mukmin yang hatinya senantiasa hidup dengan mengingat Allah serta meyakini bahwa Allah adalah Sang Pencipta seluruh makhluk-Nya dan Dia lah Yang Awal dan Yang Akhir.
هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
Artinya : “Dialah yang Awal dan yang akhir yang Zhahir dan yang Bathin; dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al Hadid : 3)
Nabi saw apabila hendak tidur maka beliau berbaring diatas bagian sebelah kanan tubuhnya lalu berdoa :
اللَّهُمَّ، رَبَّ السَّمَوَاتِ وَرَبَّ الأَرضِ وَرَبَّ العَرشِ العَظِيم، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيءٍ، فَالِقَ الحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنزِلَ التَّورَاةِ وَالإِنجِيلِ وَالفُرقَانِ، أَعُوذُ بِكَ مِن شَرِّ كُلِّ ذِي شَرِّ أَنتَ آخِذُ بِنَاصِيَتِهِ، اللَّهُمَّ، أَنتَ الأَوَّلُ فَلَيسَ قَبلَكَ شَيءٍ، وَأَنتَ الآخِرُ فَلَيسَ بَعدَكَ شَيءٍ، وَأَنتَ الظَّاهِرُ فَلَيسَ فَوقَكَ شَيءٍ، وَأَنتَ البَاطِنُ فَلَيسَ دُونَكَ شَيءٍ، اقضِ عَنَّا الدَّينَ، وَأَغنِنَا مِنَ الفَقرِ.”
“Wahai Allah Tuhan langit dan Tuhan bumi serta Tuhan arsy yang agung. Wahai Tuhan kami dan Tuhan segala sesuatu, Yang menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan, Yang menurunkan taurat, injil dan al Furqon. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan setiap pemilik kejahatan. Engkaulah yang menggenggam ubun-ubunnya. Wahai Allah, Engkaulah Yang Awal dan tidaklah ada sesuatu sebelum-Mu. Engkaulah Yang Akhir dan tidaklah ada sesuatu setelah-Mu. Engkaulah Yang Zhahir dan tidaklah ada sesuatu diatas-Mu, Engkaulah Yang Bathin dan tidaklah ada sesuatu tanpa-Mu maka tunaikanlah hutang kami dan cukupkanlah kami daripada kefakiran.”
Wallahu A’lam
sumber :eramuslim.com
Categories:
Ustadz menjawab
Tags:
  1. Zenadin
    May 11, 2010 at 10:24 pm | #1
    Sebelum seseorang bertanya ” Siapa yang menciptakan tuhan “, sebaiknya dia bertanya terlebih dahulu ” Siapa hakikat dirinya”
  2. renaldhy
    May 12, 2010 at 8:39 am | #2
    assalammualikum
    pak ustad ana mao nanya dikit nich.
    gni loh tad. wktu ntu ana kan nonton film.nah di situ terdapat pertanyaan bagusss.
    gni pertanyaannya”umat kristiani berkata barang siapa yang tidak mengikuti ajaran yang dibawa yasus dia masuk neraka,oarang budha jga ber kata seperti itu,orsng kstolik jugs berkata seperti itu”,jelas pastinya klo ajaran umat islam,saya tidak akan nanya seperti itu karna saya yakin ajaran islam itu bukan buatan manusia,ajaran islam itu langsung dri allah yang di jelaskan dalam al-qur’an dan hadits’a,

    untuk menjawab pertanyaan yang seperti diatas gmna loh tadd????????
    • August 13, 2011 at 10:14 am | #3
      apa bedanya umat islam kan jga bgitu
      kl tdk sholat kan pasti masuk neraka.,
      pa lagi gk ngikutin ajarannya.,.,
      tambah jdi setannn
  3. Ahmad
    May 12, 2010 at 4:16 pm | #4
    Sebetulnya, dalam fitrah manusia itu sendiri, fitrah tersebut telah mengakui bahwa Tuhan adalah Sang Pencipta yang Esa. Tuhan tidak terikat dengan dimensi ruang dan waktu, karena yang menciptakan ruang dan waktu itu sendiri adalah Allah SWT. Penciptaan tidak akan terjadi tanpa adanya ruang dan waktu. Dengan sendirinya, Tuhan terbebas dari apa yang dikatakan penciptaan tersebut. Tuhan tidak diciptakan, tetapi menciptakan. “Aamantu billah wabirasuulihi”.
    @renaldhy : Sebetulnya, ajaran2 tersebut (sebelum Islam) adalah ajaran yang MEMANG diturunkan oleh Allah kepada manusia. Namun, karena godaan syetan dan tangan2 jahil manusia, maka ajaran2 tersebut diselewengkan, sehingga Allah menurunkan ajaran baru dengan tujuan meluruskan ajaran yang sudah menyimpang tersebut.
    Kita sebagai umat Islam, sangat beruntung karena telah mengenal ajaran Islam, yang hanya diakui disisi Allah SWT. Ajaran yang memang ajaran terakhir yang diturunkan oleh Allah sebagai hudan linnaass dan mushaddiqan limaa baina yadaihi minat taurati wal injil , membenarkan dan meluruskan apa yang ada di dalam kitab2 sebelumnya. Karena itulah, ajaran Islam adalah ajaran terakhir yang berada di jalur shirathal mustaqiim , dan dengan sendirinya menggugurkan klaim dari mereka. Bahkan, banyak sebenarnya nubuat tentang datangnya Islam di kitab2 tersebut. Anda bisa bergabung di forum2 kajian perbandingan kitab suci Al-Qur’an dan kitab lain. Trims.
  4. Bayumandiri
    May 22, 2010 at 8:17 am | #5
    Terungkapnya kebohongan dari adanya teori revolusi/teori darwin yang mendukung atheisme adalah pukulan telak yang harus diterima oleh orang2 atheis, jadi tidak ada alasan lagi untuk menjadi atheis karena Allah menciptakan makhluknya (Manusia, hewan dan tumbuhan) langsung sempurna seperti yang kita lihat sekarang.
  5. Dawkintz
    May 28, 2010 at 10:06 am | #6
    Perdebatan ttng eksistensi Tuhan memang tiada habisnya. Baik orang atheis maupun theis pada akhirnya akan menjawab, “Itu ada begitu saja tanpa ada yg menciptakan.” Bagi orang atheis “itu” adalah alam semesta, sedangkan bagi orang theis “itu” adalah Tuhan.
    ____________________________

    @ Bayumandiri
    Tentang Teori Darwin, kamu ke sini aja:

    Salam
  6. June 6, 2010 at 9:41 am | #7
    Admin or Moder!
    WARNING!
    If you will not delete this topic within 5 days – Spam will be here, I promise!

    Goot Lak! God Fak!
  7. nebukadnezar
    June 17, 2010 at 6:13 pm | #8
    @Admin : Jangan takut sama ancaman si checkmoderator itu..!
  8. nebukadnezar
    June 17, 2010 at 6:19 pm | #9
    Saya butuh informasi, Agama-agama seperti Budha dan Hindu tidak disebut agama samawi, kenapa?. Saya kadang melihat entah dari film atau buku bacaan, ajaran Budha dan Hindu pun banyak sekali kemuliaanya (maksud saya adalah hal-hal baiknya). Mungkin Allah pun sudah mengatur hal itu sehingga turunlah Sidharta Gautama (Budha) ke bumi dan dalam Hindu mungkin Wisnu atau Khrishna.Tapi kemudian banyak perubahan-perubahan sehingga kedua agama itu menjadi seperti yang kita lihat sekarang. Mohon maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan.
  9. artificial left eye
    July 3, 2010 at 12:35 pm | #10
    hanya satu pertanyaan:
    kenapa semua agama di bumi ini di ciptakan secara tidak bersamaan?
    pertanyaan inilah yang membuat atheis tetap bertahan sampai sekarang.
    • adil hartono
      August 19, 2011 at 6:29 am | #11
      seperti juga manusla. lahir tdk langsung bisa bekerja, perlu bimbingan dan telaah yang terus menerus menuju kesempurnaan, agama juga diturunkan dari yang sederhana menjadi agama yang sempurna.
  10. Paulus Nabi Palsu
    July 12, 2010 at 9:41 am | #12
    @ artificial left eye
    –> hehehe… pertanyaan elo’konyol banget… ape kagak ade pertanyaan laen yg lebih berbobot? aya aya wae lo.
    jawaban ‘pertanyaan elo, ama temen2x atheis elo, termasuk si Dawkintz Donut’gampang aza, lo tanya aza sama rumput yg bergoyang, dari agama pertama sampe akhir dia udah ‘bergoyang’ dimuka bumi.
    Gitu azaaa kok repot hehehe…
    BTW, elo dapet itu nama dari pengalaman pribadi ye… abis nanya pertanyaan ini, trus mata kiri lo ditonjok diganti jadi ‘artificial left eye’ lama lama bisa jadi robocop lo !
  11. July 12, 2010 at 12:23 pm | #13
    Artificial left eye berkata
    Juli 3, 2010 pada 12:35 pm

    hanya satu pertanyaan:
    kenapa semua agama di bumi ini di ciptakan secara tidak bersamaan?
    pertanyaan inilah yang membuat atheis tetap bertahan sampai sekarang.
    MUSLIM BOTH EYES :
    Pertanyaan ini sebetulnya merupakan pertanyaan yang harus dijawab oleh Atheis sendiri, karena berdasarkan petunjuk yang ada dalam kitab suci Al-Quran, Allah SWT hanya mengakui (merodhoi) satu agama saja, yakni Islam, walaupun kitab suci yang diturunkannya meliputi 4 kitab suci, yakni :
    1. Kitab suci Dzabur yang diturunkan pada Nabi Daud Alaihi Salam
    2. Kitab suci Taurat yang diturunkan pada Nabi Musa Alaihi Salam
    3. Kitab suci Injil yang diturunkan pada Nabi Isa Alaihi Salam
    4. Kitab suci Al-Quran yang diturunkan pada Nabi Muhammad SAW

    Semua kitab suci di atas memberikan petunjuk kepada umat yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengimaninya agar HANYA MENJADIKAN ISLAM SEBAGAI AGAMA YANG DIPELUKNYA DAN ALLAH SWT SEBAGAI SATU-SATUNYA TUHAN YANG DISEMBAHNYA. TITIK !
    Pertanyaannya :
    Mengapa jika Tuhan yang disembahnya satu , yakni Allah SWT dan agama yang harus dipeluknya satu, yakni Islam, kitab sucinya harus ada 4 buah, kenapa gak satu kitab suci saja ?

    Jawabannya karena kitab suci diturunkan oleh Allah kepada manusia melalui Rasul Utusannya masing-2, yakni Nabi-2 penerima kitab suci di atas karena kitab suci tersebut diturunkan oleh Allah SWT itu sesuai dengan kondisi umat manusia atau kaum yang menerimanya. Sedangkan kondisi kehidupan yang dihadapi oleh masing-2 kaum atau umat manusia itu tidak sama alias berbeda-2 di jamannya. Situasi yang dihadapi Nabi Daud AS dan kaumnya yang hidup lebih tua dari 34 abad yang lalu itu sangat berbeda yang dihadapi oleh sesudahnya, yakni Nabi Musa AS dan kaum Ibrani-Yahudi yang dipimpinnya di jamannya, yakni 34 abad yang lalu. Situasi yang dihadapi oleh Nabi Musa AS dan kaum Ibrani-Yahudinya itu sangat berbeda dengan situasi pada jaman Nabi Isa As dan kaum Nasraninya di jaman yang lebih muda dari 34 abad yang lalu. Situasi jaman Isa AS dengan kaum Nasraninya itu sangat berbeda dengan yang dihadapi oleh Nabi Muhammad SAW dan kaum Quarisy nya sekitar 14 abad yang lalu hingga sekarang.
    Namu yang terpenting untuk diketahui bahwa kitab suci Al-Quran yang diturunkan Allah SWT kepada Rasul terakhirnya, yakni Nabi Muhammad SAW sekitar 14 abad yang lalu, yakni tahun 622 SM di kota Mekah dan Madinah Jazirah Arab selama 23 tahun itu merupakan kitab suci penyempurna dari ketiga kitab suci terdahulu. Hal ini bisa dibuktikan dari berbagai sisi, seperti kelengkapan dan sisi ilmiahnya. Jadi umat Islam sejak jaman Nabi Muhammad SAW hingga kiamat kelak WAJIB MENGIMANI KEEMPAT KITAB SUCI di atas sesuai dengan yang tercantum dalam RUKUN IMAN-nya, yakni IMAN kepada :
    1. Allah SWT
    2. Malaikat
    3. Rasul
    4. Kitab-2 suci Allah SWT (Dzabur, Taurat, Injil dan Al-Quran)
    5. Hari akhir (kiamat)
    6. Takdir Allah SWT

    Pertanyaan berikutnya :
    Kenapa Islam dan Kristen sering berbeda pendapat, padahal sama-sama bersumber pada kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT ?

    Jawabannya, karena kitab suci Injil yang diimani oleh umat Kristiani jaman sekarang ditulis oleh orang-2 yang tidak sejaman dengan Nabi Isa AS, yang disebut para pengarang Injil yang jumlahnya lebih dari 60 buah dan isinya berlainan, bahkan tidak jarang bertentangan sehingga meragukan umat Islam yang diharuskan pula untuk meyakininya. Untuk itu sebagian umat islam berupaya menelusuri dan mencari kitab suci Injil yang benar-2 diterima oleh Nabi Isa atau Isa Al-Maseh sebagai Nabi dan Rasul yang mempunyai sejarah beribu Siti Maryam dan takdirnya selamat alias tidak tertangkap dan tidak tersalib oleh tentara Roma karena diangkat ke hadirat Allah. Jadi bukan yang diterima oleh Yesus Kristus yang dipercaya umatnya sebagai anak Tuhan dan yang beribu Maria serta nasibnya yang tertangkap dan tersalibkan oleh tentara Roma untuk penebusan dosa seluruh umatnya.
  12. fans
    July 12, 2010 at 1:23 pm | #14
    @ renaldhy
    gni pertanyaannya”umat kristiani berkata barang siapa yang tidak mengikuti ajaran yang dibawa yasus dia masuk neraka,oarang budha jga ber kata seperti itu,orsng kstolik jugs berkata seperti itu”,jelas pastinya klo ajaran umat islam,saya tidak akan nanya seperti itu karna saya yakin ajaran islam itu bukan buatan manusia,ajaran islam itu langsung dri allah yang di jelaskan dalam al-qur’an dan hadits’a,
    ——–
    Saya mau tanya dulu, kalo arang atheis itu mati langsung reinkarnasi atau mati trus tinggal dikubur begitu aja?

    Dawkintz
    Bagi orang atheis “itu” adalah alam semesta, sedangkan bagi orang theis “itu” adalah Tuhan.

    ——–
    saya mau tanya, universe (Alam Semesta) mana aja yang anda tahu? (Suka nonton jet li “the One” ya?)
    —-

    @ artificial left eye
    kenapa semua agama di bumi ini di ciptakan secara tidak bersamaan?
    ——
    Tahu ga kenapa ada agama? kenapa TERNYATA Agama dibutuhkan baik buat atheis maupun theis (belum masalah TUHAN)?
    —-

    berdasarkan Logika ya…
  13. July 12, 2010 at 3:54 pm | #15
    Sebetulnya pertanyaan Artifial left eye bahwa :
    1. kenapa semua agama di bumi ini di ciptakan secara tidak bersamaan?
    2. pertanyaan inilah yang membuat atheis tetap bertahan sampai sekarang.

    Sudah terjawab secara tidak langsung oleh MUSLIM BOTH EYES.
    Bahwa ditinjau dari petunjuk-2 Allah SWT dalam kitab suci Al-Quran ditegaskan bahwa hanya agama Islam agama yang berasal dan diridhoi oleh Allah SWT. Jadi (maaf) secara agamiah di luar itu apapun dasa dan namanya tidak. Namun begitu Al-Quran juga memberikan petunjuk bahwa umat Islam juga tidak harus memusuhi apalagi sampai memaksakan keyakinannya kepada yang lain yang belum mendapat hidayah dari Allah SWT untuk memeluknya. Agamamu untukmu dan agamaku untukku.
    Jadi agama lain yang muncul pada jamannya masing-2 di luar Islam adalah bukan dari Allah SWT, jadi tidak relevan dibahas lebih lanjut oleh umat Islam, selain hanya sekedar menambah wawasan saja.
    Soal pertanyaan nomor 2 juga sebetulnya tidak relevan karena bukan haknya umat Islam untuk menjawabnya. Maksudnya untuk yang beragama saja bila selain Islam tidak relevan kecuali sekedar menambah wawasan (tidak berpengaruh pada keyakinan), apalagi yang atheis. Jadi silahkan ahli-2 atheis sendiri yang menjawabnya .
    Terima kasih.
    kenapa semua agama di bumi ini di ciptakan secara tidak bersamaan?
    pertanyaan inilah yang membuat atheis tetap bertahan sampai sekarang.
  14. Nabi bnyak istri
    July 13, 2010 at 12:45 pm | #16
    yG terdahulu kan menjadi yg terakhir
    yg terakhir kan mnjadi yg terdahulu
  15. Nabi bnyak istri
    July 13, 2010 at 12:52 pm | #17
    @ logika
    Lu nulis : Jadi agama lain yang muncul pada jamannya masing-2 di luar Islam adalah bukan dari Allah SWT, jadi tidak relevan dibahas lebih lanjut oleh umat Islam, selain hanya sekedar menambah wawasan saja.
    answer : mana bukti nya….??? sebelum mr.momed nonggol bwa agama islam di tanah arab, yahudi sudah ada… apa lu pngen ngomong lau yahudi bukan dr allah swt, lalu knapa nabi 2 nya yg hidup di tanah yudea/yahudi seperti daud,musa dll bisa di klaim islam oleh orang muslims….???
    berati memang benar islam menjiplak ato copy paste dgn dalil untuk mencari pengikut
  16. Reppy
    July 13, 2010 at 3:02 pm | #18
    @nabi banyak istri
    Bukti bahwa semua nabi beragama ISlam atau agama diluar Islam bukan dari Allah adalah dengan melihat dan membaca kitab suci agama2 samawi tersebut.

    Baca dalam Taurat ada tidak ayat dalam taurat yang meyebutkan kata ini adalah agama Yahudi dan baca pula Injil atau Alkitab ada juga ga ayatnya yang menyatakan tentang agama Kristen atau Nasrani. Jawabnya TIDAK ADA
    Sekarang baca Al-Quran, terdapat kata tentang Islam.
    Di dalam Al-Qur’an surat Ali Imron (3) ayat 19 dikatakan, “ innad-dina ‘indallohil-islam …” yang artinya, “ Sesungguhnya ad-din disisi Alloh (adalah) al-islam …” Kata Alloh tidak diterjemahkan karena kata ini adalah nama diri (‘alam syakhsi, proper noun) yaitu nama robb dan ilah (Tuhan) yang sesungguhnya bagi seluruh manusia. Kata al-islam tidak diterjemahkan karena ia juga adalah nama diri yaitu nama suatu ad-din, seperti makna yang tersirat di dalam ayat ini. Kata ad-din dalam ayat ini maknanya adalah al-millah, jalan hidup, way of life. Tentu saja kata ad-din ini berbeda maknanya dengan kata agama karena dalam pengertian agama maka tidak semua orang beragama, misalnya kaum atheis, sedangkan dalam pengertian ad-din maka setiap orang pasti memiliki ad-din tertentu artinya memiliki al-millah tertentu, memiliki jalan hidup tertentu, memiliki way of life tertentu, termasuk seorang atheis sekalipun. Yang dapat dipahami dari ayat ini diantaranya adalah, pertama, bahwa al-islam adalah nama suatu ad-din. Kedua, al-islam adalah suatu ad-din yang berasal dari sisi Alloh (‘indalloh) karenanya al-islam disebut juga dinulloh (surat An-Nashr (110) ayat 2). Jadi al-islam bukan buah pikiran manusia. Ad-din ini sampai kepada manusia melalui wahyu yang Alloh turunkan kepada para Nabi dan Rosul-Nya (diantanya Rosululloh SAW). Para Nabi dan Rosul itu hanyalah mengikuti apa yang diwahyukan oleh Alloh kepadanya (surat Yunus (10) ayat 15). Ketiga, dalam bahasa Arab kata al-islam memiliki makna, memiliki arti yaitu, “ al-inqiyadu liamaril-‘amiri wa nahihi bi la i’tirodh ” yang artinya,” tunduk kepada perintah dan larangan yang memerintah tanpa membantah. “ Penamaan ad-din tersebut dengan al-islam menunjukkan sifat dari pada ad-din tersebut yakni ketundukan (kepada Alloh) tanpa membantah, menolak, atau protes dengan alasan misalnya tidak sesuai dengan akal, perasaan, perkembangan zaman, dan lain-lain. Penamaan ini sungguh sangat tepat. Hal ini tidak mengherankan karena yang memberi nama adalah Alloh yang Maha Tahu dan Maha Bijaksana.
    Di dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah (5) ayat 3 dikatakan,”…al-yauma akmaltu lakum dinakum wa atmamtu ‘alaikum ni’mati wa rodhitu lakumul-islama dina …”, yang artinya,” …pada hari ini telah Aku sempurnakan bagi kalian ad-din kalian dan telah Aku sempurnakan bagi kalian ni’mat(dari)-Ku dan Aku telah ridho al-islam sebagai ad-din bagi kalian …” Kata ad-din dalam ayat ini maknanya adalah al-millah, jalan hidup, way of life. Kata “kalian” dalam ayat ini yang dimaksud adalah Rosululloh SAW dan para sahabat. Dalam ayat ini digunakan kata ad-din, tunggal, bentuk jamaknya adalah al-adyan, hal ini menunjukkan bahwa ad-din Rosululloh Saw dan para sahabat adalah satu, sama, sejalan. Dari ayat ini dapat dipahami diantaranya, pertama, bahwa Alloh telah menyempurnakan ad-din Rosululloh Saw dan para sahabat. Tentu ini berarti ad-din mereka telah sempurna. Ad-din mereka dibangun berdasarkan ayat-ayat Alloh (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rosululloh SAW, tersirat dalam kata-kata “ akmaltu lakum dinakum “ Ad-din mereka tidak lain adalah penerapan Al-Qur’an secara yang paling sempurna atas petunjuk Alloh melalui Rosululloh SAW. Ad-din mereka sempurna secara individu ada pada diri Rosululloh SAW, inilah yang dinamakan millatu Rosulillah SAW atau as-sunnah. Ad-din mereka sempurna secara komunitas ada pada mereka secara berjama’ah, inilah yang dinamakan al-jama’ah. Kedua, Alloh menyebut ad-din (atau al-millah, jalan hidup, way of life) Rosululloh SAW dan para sahabat dengan al-islam, penyebutan ini tersirat di dalam kata-kata “rodhitu lakumul-islama dina “ Ketiga, al-islam adalah ad-din yang diridhoi Alloh.
    Di dalam Al-Qur’an surat Ali Imron (3) ayat 85 dikatakan, “ wa may yabtaghi ghoirol-islami dina, fa lay yuqbala minhu wa huwa fil-akhiroti minal-khosirin” yang artinya,” Dan barang siapa mengharap selain al-islam sebagai ad-din maka tidak akan diterima darinya (ad-din itu) dan dia diakherat kelak (akan) termasuk orang-orang yang rugi” Kata ad-din dalam ayat ini maknanya adalah al-millah, jalan hidup, way of life. Yang dapat dipahami dari ayat ini adalah, pertama, bahwa ad-din selain al-islam tidak akan diterima oleh Alloh. Kedua, bahwa seluruh Nabi dan Rosul yang diutus oleh Alloh pastilah memiliki ad-din yang sama yaitu al-islam karena Alloh tidak menerima ad-din selain al-islam.
    Dari ketiga ayat di atas diketahui bahwa al-islam adalah nama suatu ad-din (al-millah, jalan hidup, way of life) yang berasal dari sisi Alloh, maka al-islam bukan buah pikiran manusia.

    Bandingkan dengan kata Yahudi dan Kristen yang merupakan buah karya manusia bukan Allah SWT.
  17. July 13, 2010 at 3:07 pm | #19
    Kitab agama Yahudi adalah TALMUD !
    Kitab agama Kristen adalah bible yang ditulis para pengarang 3 abad sesudah Yesus meninggal (katanya)
    Kitab yang diterima Nabi Musa AS adalah Taurat
    Kitab yang diterima oleh Nabi Isa AS (Isa Al-Maseh) adalah Injil yang langsung diterima Nabi Isa dari Allah dan kemudian dihancurkan oleh pasukan Romawi.
  18. July 13, 2010 at 3:12 pm | #20
    Jadi hal-hal pokok menunjukkan :
    Isa Al-Maseh TIDAK SAMA DENGAN Yesus.
    Injilnya Isa Al-Maseh TIDAK SAMA (sekian %) DENGAN Biblenya Yesus.
    Nasib Isa Al-Maseh selamat TIDAK SAMA DENGAN Yesus yang tersalib.
    Nabi Isa adalah Rasul TIDAK SAMA DENGAN Yesus anak Tuhan.
    • edo
      September 5, 2011 at 11:32 pm | #21
      Ini satu lagi bukti kebebalan dan tidak tahu malunya muslim, entah ini sudah terstruktur atau cuma oknum yang dengan PD nya melakukan penyesatan dengan mengatakan kalau Isa Al Maseh itu bukan Yesus putra Maria. Memang benar Injil itu tidak sama dengan Bible……tetapi Injil merupakan bagian dari Bible ,dan yang dinamakan Injil dalam perjanjian baru y.i : Injil Matius , Injil Markus , Injil Lukas , Injil Yohanes.
      Dan menurut iman Nasrani/Kristen: ” Yesus disalib,wafat dan bangkit,”…….. lha ini muslim dapat cerita dari mana kalau Yesus tidak disalibkan !

      Semoga Tuhan Yesus membuka hati saudara2 kita muslimin untuk menerima kehadiranNya.
      • September 16, 2011 at 3:19 pm | #22
        sebelum menyalahkan pendapat orang lain, mustinya anda melihat dulu dari segi pandang mana orang tersebut berpendapat
  19. Nabi bnyak istri
    July 13, 2010 at 3:18 pm | #23
    @ Reppy
    Bukti kuat kepalsuan mr.momed ia mendirikan agama, karena nabi2 terdahulu tak ada yg mendirikan agama.
    yg terakhir tak dapat di pastikan penyempurna yg terdahulu sebelum mngerti betul sepak terjang pembawa risallah tsb,
    jika memang islam bukan buah pemikiran mr.momed, knapa ia mnta di sanjung2 dan di puja, di balik syariat ia inginkan ke dudukan dan kehormatan sebagai pemimpin di balik kedok agama dgn mngatasnamakan penyempurna yahudi dan kristen, ia membawa agama baru yg membenci yahudi dan kristen,…
    dgn menilik kehidupan rasullah waktu hidup sja, seharusnya orang dapat membedakan mana nabi asli atau pemimpin kejam & bengis di balik cadar seorang nabi.
  20. Nabi bnyak istri
    July 13, 2010 at 3:35 pm | #24
    @ logika
    Jika para murid Yesus yg mnjadi saksi mata bahwa “Yesus disalib” seperti petrus,yohanes dkk
    knapa mr.momed yg nonggol 610masehi sesudahnya bisa mngatakan ia tidak disalib…
    apa mr.momed mlihat langsung kej, tsb….??
    atas dasar apa ia mngatakan demikian….??? pdahal ia tidak hidup dizaman yesus

    jika ia tak pnya dalil sama sekali berarti nabi isa as adalah karangan fiktif mr.momed supaya mngangkat bahwa nabi2 tak ada yg mati keji untuk promosi agama barunya “islam”
    jika mr.momed jg mngatakan isa as tlah mati di bunuh tentu itu tak ada bedanya dgn kepercayaan kristen, karena itu mr.momed perlu membuat karangan / ide yg beda dgn kepercayaan kristen, yaitu mngarang tokoh fiktif kehidupan nabi isa as.
    knapa demikian….????
    answer : ia ingin mnjadi nabi, dgn mngambil tokoh2 dlam yahudi dan kristen lalu ia rangkum mnjadi agama langit, jika ia mnsadur sama persis seperti fakta2 dlam yahudi dan kristen mka agama baru nya yqakni “islam” tidak lebih beda dr yahudi dan kristen.
    mka dr itu ia perlu mngedit dan mngarang / memalsukan sejarah demi membedakan isllam dan kristen atau yahudi
  21. Pembela
    July 13, 2010 at 3:55 pm | #25
    He,… mngkin benar jg kata2 nabi bnyak istri,..
    lha wong muhamad tidak hidup di zaman yesus atau ia tidak mlhat langsung kej tsb koq bisa berkesimpulan yg bertentangan dgn murid2 yesus sendiri yg mnjadi saksi mata dan hidup di zaman yesus,
    berarti kesimpulanya : muhamad mlakukan penipuan publik pd orang2 muslim,
    “wasalam”
    • adil hartono
      August 19, 2011 at 7:59 am | #26
      pengarang injil yang empat itu, hanya satu yang diyakini melihat langsung penyaliban , yaitu yahya. tetapi keempat injil bisa bercerita tentang penyaliban, walau dengan versi yang berbeda. Nabi Muhammad saw tidak menipu, bahwa orang tidak percaya itu boleh saja.
  22. Paulus Nabi Palsu
    July 13, 2010 at 4:53 pm | #27
    @ Nabi bnyak Istri, Pembela dan dedengkot2x lainnya
    –> Jikalau benar murid2x Yesus menjadi saksi mata langsung penyaliban Yesus, mengapa cerita peristiwa penyaliban Yesus di bibel berbeda beda ? Kagak usah gue ceritakan ntar lo bosen bacanya seharusnya khan semuanya sama.
    Kalo di pengadilan ada beberapa orang saksi yg ngaku2x nya saksi mata langsung tentang suatu kejadian tapi ceritanya berbeda beda bisa disebut BERSAKSI PALSU.
    Bagaimana menurut elo mengenai hal ini ?
  23. isa
    July 13, 2010 at 5:25 pm | #28
    gue jg bingung utk umat paulus ini.
    yang benar itu kitab injil versi katholik or protestan?or dua-duanya palsu?daripada umat paulus bingung2 cari kelemahan agama Islam yg emang sdh disempurnakan oleh Allah mending kalian cari kelemahan agama kalian yg sdh amburadul kitabnya. Insyaallah kalian bisa jd mualaf. kalo belum sadar jg selamat bergabung dengan paulus di neraka jahanam.Amin
  24. July 13, 2010 at 5:33 pm | #29
    @ …. isteri (maaf takut ketularan dosanya)
    ……
    kenapa mr.momed yg nonggol 610masehi sesudahnya bisa mngatakan ia tidak disalib…
    apa mr.momed mlihat langsung kej, tsb….??
    atas dasar apa ia mngatakan demikian….??? pdahal ia tidak hidup dizaman yesus.

    Tau kenapa ?
    Kenapa Nabi Muhammad SAW yang WALAUPUN TIDAK HIDUP SEJAMAN dengan Isa Al-Maseh (Nabi Isa) dan seorang Yahudi yang menggantikan perannya dengan terpaksa di tiang salib karena dimiripkan wajahnya dengan Sang Isa Al-Maseh itu BISA TAU KEJADIAN SEBENARNYA BAGAIKAN SAKSI MATA LANGSUNG ? Adalah karena Allah SWT telah menurunkan firman-Nya dalam surat An-Nisa sbb :
    Ayat 157 (4;157) :
    dan (Kami hukum juga) karena ucapan mereka,”Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, Isa putra Maryam, rsul Allah, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh) adalah orang yang diserupakan dengan Isa. Sesungguhnya mereka berselisih pendapat tentang (pembunuhan) Isa, selalu dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka benar-benar tidak tahu(siapa sebenarnya yang dibunuh itu), melainkan mengikuti persangkaan belaka, jadi mereka tidak yakin telah membunuhnya,
    Catatan :
    Perhatikan kalimat :
    ….
    PADAHAL MEREKA (kafirun) TIDAK MEMBUNUHNYA DAN TIDAK (PULA) MENYALIBNYA, TETAPI (YANG MEREKA BUNUH) ADALAH ORANG YANG DISERUPAKAN DENGAN ISA …

    dan kalimat :
    MEREKA (kafirun) BENAR-BENAR TIDAK TAHU (SIAPA YANG DIBUNUH ITU) MELAINKAN MENGIKUTI PERSANGKAAN BELAKA, …
    Jadi nabi Isa tidak pernah tertangkap dan tersalinkan oleh kafirun saat itu.
    Ayat 158 (4:158), yang artinya :
    tetapi Allah telah mengangkat Isa ke hadirat-Nya. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.
    Perhatikan kata MENGANGKAT KE HADIRAT-NYA !
    Ayat 159 (4;159), yang artinya :
    Tidak seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka.

    Perhatikan kata :
    PADA HARI KIAMAT DIA (ISA) AKAN (DITURUNKAN) MENJADI SAKSI MEREKA (KAUMNYA YANG KELIRU)

    Di antaranya juga bagi yang menyangkanya sebagai Anak Tuhan, padahal ia hanyalah seorang manusia biasa yang diutus sebagai rasul yang menyampaikan firman-Nya dalam kitab suci Injil.
    Selamat berfikir sebelum beriman , he, he, heeee …
  25. fans
    July 13, 2010 at 6:00 pm | #30
    prinsip atheisme. Atheisme bukan kepercayaan yang harus diimani begitu saja. Atheisme adalah keyakinan seperti keyakinan ilmiah yang harus ditemukan sendiri.
    Apakah Penganut Atheis merasa nyaman, Benarkah melegakan batin, tetapi mengapa sulit berhadapan dengan tekanan sosial di Indonesia?.
    Saya tidak pernah menganggap atheis sebagai orang paling hina di muka bumi. Juga tidak menganggap atheis sumber kekejian dan kebejatan moral………..
    —-
    Seseorang menjadi atheis biasanya melalui pergulatan panjang mencari Tuhan.

    Agama apa yang paling bisa mengantar penganutnya pada Tuhan.
    •Semua agama sama baiknya
    •Ikuti kata hatimu sendiri
    ——-
    Kenapa Tuhan harus dicari? emang kemana aja?
    Kenapa ga coba mencari diri dulu, siapakah kita, Kenapa kita ada, dan untuk apa kita ada?
    setelah Kita tahu.. baru mencari kenapa agama dibutuhkan? baru Agama apa yang sesuai dengan kehidupan kita, kalaupun harus nyembah kenapa harus disembah? apakah pantas disembah?
    kalaupun sempurna? kenapa harus disempurnakan?
    —–
    Kalau seorang atheis berbuat baik, bukan hidup abadi di surga yang orang atheis harapkan, tapi karena orang atheis tahu bahwa perbuatan itu harus dilakukan. Kalau orang atheis tidak berbuat jahat, bukan siksa neraka yang orang atheis takutkan, cukup karena orang atheis tahu perbuatan tersebut tidak pantas dilakukan.
    ———-
    Apakah ini disebut adil….
    —–
    jangan pakai Ego..
    —–
  26. Samaranji
    July 25, 2010 at 2:59 pm | #31
    Assalamu’alaikum.
    Orang atheis tidak prcaya Tuhan, tp prcaya hukum alam. Lalu siapa yg menciptakan hukum alam ? Siapa yg membikin hukum alam “berjalan” begitu mengagumkan ?
    Yg bertanya, mengapa agama2 tdk diturunkan bersamaan ? Jawabannya, ya karena setiap kali diturunkan agama yg murni, yg mengajarkan Tuhan Yang Satu, selalu saja manusia tergoda utk menyelewengkannya, jadi turunlah agama baru untuk memurnikan kembali.
    Wassalam.
  27. DauD
    August 27, 2010 at 6:07 pm | #32
    @reppy
    Kita semua tidak pernah Tahu mna kitab yang asli dan yang tidak..
    apakah kamu pernah melihat sendiri al-quran yang asli dan pernah lihat sendiri alkitab yang memang benar” asli.??

    klo anda belum pernah melihat dan membacanya sendiri, jganlah anda menjadi sok tahu..
    karena anda juga manusia yang tidak luput dari dosa. sekecil apapun dosa itu.
    • adil hartono
      August 19, 2011 at 8:06 am | #33
      untuk menjadi mengerti, tidak perlu melihat langsung. :bisa dengan berita dan kesimpulan dari beberapa data…
  28. isa
    August 27, 2010 at 8:04 pm | #34
    @daud
    kagak tau ni org Al Qur’an sejak diturunkan smpai sekarng mskh terjaga keasliannya.

    gmna dg injil sdh berapa kali direvisi?
  29. haidar
    August 28, 2010 at 7:35 am | #35
    @daud
    jika jutaan penghapal al qur’an didunia dikumpulkan dan di suruh membaca al qur’an secara serempak,tidak akan terjadi perbedaan sama sekali dari juzz 1 sampai juzz ke 30,bandingkan dengan penginjil (boro-boro satu kitab yang hapal,hapal satu lembar saja sudah bagus)
  30. September 5, 2010 at 10:47 am | #36
    Anyone need links back to your web pages? will give you tens of thousands of anchor text links. e-mail: webmaster@spreadrumers.com. Dueces!
  31. vakabit
    September 24, 2010 at 10:29 pm | #37
    Saya Atheis… :)
    Saya percaya bahwa:
    1. Waktu adalah ilusi. Waktu hanyalah konsep. Diluar itu adalah keabadian, alias infiniti.
    2. Ruang adalah dimensi infiniti. Dimensi tanpa batas.
    3. Manusia adalah hasil evolusi, evolusi adalah sebuah proses.

    Apa yang saya percaya sejauh ini mampu menjawab seluruh hakekat yang menjadi pertanyaan saya. bagaimana awal mula alam semesta, awal mula kehidupan, dan lain sebagainya. Saya tidak perlu berdebat untuk meyakinkan siapapun. Jika anda tertarik, kita bisa berdiskusi.
  32. ilham othmany
    September 25, 2010 at 1:44 am | #38
    @ Vakabit
    Jadi menurut anda bagaimana awal mula alam semesta?
  33. vakabit
    September 28, 2010 at 4:08 pm | #39
    Pada prinsipnya semua unsur prinsipil di dunia ini adalah kekal dan abadi. (Agak sulit dipahami memang, saya menjelaskan ini sepanjang 3 halamn dan masih saja ada yang kurang jelas)
    Energy merupakan ada secara kekal. Dia tidak bisa dilenyapkan dan diciptakan. Begitupun dengan materi, materi sebagai penyusun alam semesta tidak bisa diciptakan, atau dilenyapkan.
    Lihat ruang tempat anda sekarang. Ruang dibatasi oleh materi (dinding, dsb) diluar materi tersebut terdapat ruang lain. Hal tersebut tak mungkin berhenti. Apapun yang ada diluar langit gelap sana pasti hanya ada ruang atau materi. Dengan demikian keberadaannya tidak terbatas. Dan tidak mungkin dilenyapkan menjadi ketiadaan.
    Ketika materi, energy, dan ruang sudah dibuktikan tidak memiliki batas, dan tidak bisa diciptakan atau dilenyapkan….. Lalu apa peran sang pencipta? Tidak ada. malah dalam kenyataannya, tidak ada yang namanya penciptaan. yang ada hanyalah proses pembentukan. Dari suatu materi ke materi lain. Manusia pun adalah materi. Menarik bukan?
    • Ifad
      July 13, 2011 at 7:53 pm | #40
      @Vaka,
      Energy merupakan ada secara kekal. Dia tidak bisa dilenyapkan dan diciptakan. Begitupun dengan materi, materi sebagai penyusun alam semesta tidak bisa diciptakan, atau dilenyapkan.

      Jadi menurut sampeyan, kenapa sampeyan kudu nongol dari rahim emak ? Kenapa sampeyan bisa / mesti diciptakan ?
      Kayaknya Vodka atheis gadungan, karena kaum atheis berpandangan semesta steady state.
      Kegobolog-an steady-sate : ternyata semesta terus mengembang, jika tidak pernah diciptakan material baru, kerapatan semakin menipis. Jika tidak ada awal penciptaan dan pembentukan material baru maka tidak ada bintang-2 yang terlihat , karena semuanya sudah kabuuurrrr.. Malam terlihat gelap total, kecuali benda-2 di mat solar sistem.
      Lagi : jika tidak ada awal penciptaan bintang-2 dan matahari sudah lama padam, karena hidrogen sudah terbakar habis menjadi helium.


      Dengan demikian keberadaannya tidak terbatas. Dan tidak mungkin dilenyapkan menjadi ketiadaan.

      Kenyataannya semesta berekspansi, berarti memiliki pusat asal penyebaran, berarti anggapan homogenitas tidak terbatas sepanjang waktu GAGAL TOTAL, berarti semesta memiliki awal alias diciptakan….
      Kalau diinul Islam tidak ada , mungkin saya juga sudah atheis seperti sampeyan…
  34. Paulus Nabi Palsu
    September 28, 2010 at 4:29 pm | #41
    @ Vakabit
    hehehe… lantas sopo yg menciptakan energi, ruang, materi etc… termasuk elo pada asal mulanya kalo bukan bukti akan adanya proses penciptaan. Bise jadi sendiri SIM SALABIM gitu ?
    Lo pikir David Coperfield ?
    aya aya wae lo
  35. isa
    September 28, 2010 at 4:50 pm | #42
    @paulus nabi palsu
    yg menciptakan tentu saja tuhan atheis yg bernama herwits. si vakabit ini salah satu umatnya herwits
  36. Herwitz
    September 28, 2010 at 6:06 pm | #43
    Wuiihhh,,, namaku disebut-sebut… :lol:
  37. Muslim
    September 28, 2010 at 10:11 pm | #44
    debat ama atheis benar-benar membosankan….
    yang menciptakan kaum atheis adalah IBLIS menurut paham atheis wkwkwkwkwk
  38. ilham othmany
    September 28, 2010 at 11:31 pm | #45
    @ vakabit
    Anda kata:
    Energy merupakan ada secara kekal. Dia tidak bisa dilenyapkan dan diciptakan. Begitupun dengan materi, materi sebagai penyusun alam semesta tidak bisa diciptakan, atau dilenyapkan.
    Jawab:Anda keliru.Energi adalah tenaga.Tenaga adalah kuasa.Kuasa tidak mempunyai wujud mandiri kalau tidak ada yg berkuasa.Energi tidak mempunyai wujud.Ia adalah sifat kepada sesuatu.Seperti sifat bulat yg ada pada bola..Apabila bola binasa.Binasa jugalah sifat bulatnya.Seperti sifat panas yg ada pada api.Apabila api padam hilanglah sifat panasnya.Ternyata energi boleh bertambah dan berkurang.Setiap yg boleh bertambah dan berkurang berarti boleh habis/fana/lenyap.
    Anda kata:
    Lihat ruang tempat anda sekarang. Ruang dibatasi oleh materi (dinding, dsb) diluar materi tersebut terdapat ruang lain. Hal tersebut tak mungkin berhenti. Apapun yang ada diluar langit gelap sana pasti hanya ada ruang atau materi. Dengan demikian keberadaannya tidak terbatas. Dan tidak mungkin dilenyapkan menjadi ketiadaan.
    Jawab:Ruang adalah persepsi.Ia merupakan sifat negative kepada setiap yg berwujud benda.Oleh itu ruang tidak berwujud.Kekosongan tidak berwujud.Kekosongan hanyalah persepsi.Yg berwujud adalah benda itu sendiri.Apabila benda wujud kita dapat melihat atau merasa wujud benda itu dengan sekelian sifat-sifatnya termasuklah sifat-sifat negatifnya.Sebagai contoh.Kanan atau kiri tidak akan wujud kalau tidak ada benda yg wujud.Kanan atau kiri itu adalah sifat negative benda dan merupakan pernyataan ruang.Jauh atau dekat tidak akan wujud kalau tidak wujud benda itu sendiri.Jauh atau dekat juga adalah sifat negative benda dan merupakan pernyataan bagi ruang.Hakikatnya ruang adalah sifat negative benda dan ianya adalah sifat negatif bagi pernyataan bahawa Sesuatu benda itu terbatas.Walaupun ruang adalah sifat negative bagi benda,namun sifat tetaplah sifat ia akan kelihatan bersama benda.Seperti sifat tinggii bagi pokok.Apabila pokok lenyap sifat tingginya juga lenyap.Apabila ditakdirkan semua (tidak tinggal satu pun)benda/wujud yg terbatas ini semua lenyap,maka sifat terbatasnya juga lenyap.Maka ruang juga akan lenyap.Kita tidak bisa melihat contohnya,namun akal yg teliti bisa membenarkannya.Ketika itu yg tinggal hanyalah Yang Maha Wujud yaitu Allah swt yang maha suci daripada ruang dan maha suci dari keterbatasan.
  39. inde’ dou’
    November 13, 2010 at 10:50 am | #46
    energi memang tdk bisa di musnahkan, dia hanya beralih dari bentuk yg satu ke bentuk yang lain. itulah hukum energi. namun siapa yang mengendalikan hukum tersebut? apa yang memungkinkan hukum tersebut terjadi? apakah cyrcle dari energi tsb terjadi bgtu saja? sains sering membuat orang menjadi atheis, tapi sains juga tidak mampu menjawab suatu fenomena tertentu yang terjadi pada energi dan materi. bahkan bapak fisika modern einstein mengakui bahwa pasti ada yang mengendalikan alam semesta diluar sana. itu dibuktikan dgn bgmn kah setiap elektron berinteraksi dengan atom. dan bgmn atom mngatur jumlah elektron di dalam dirinya. siapa yang mengajari atom2 tsb?
  40. jack
    February 27, 2011 at 9:58 pm | #47
    @vaka
    Saya Atheis…

    Saya percaya bahwa:
    1. Waktu adalah ilusi. Waktu hanyalah konsep. Diluar itu adalah keabadian, alias infiniti.
    2. Ruang adalah dimensi infiniti. Dimensi tanpa batas.
    3. Manusia adalah hasil evolusi, evolusi adalah sebuah proses.

    Apa yang saya percaya sejauh ini mampu menjawab seluruh hakekat yang menjadi pertanyaan saya. bagaimana awal mula alam semesta, awal mula kehidupan, dan lain sebagainya. Saya tidak perlu berdebat untuk meyakinkan siapapun. Jika anda tertarik, kita bisa berdiskusi.
    =============================
    hahaha lo bilang waktu adalah ilusi sedangkan evolusi adalah sebuah proses, proses kan butuh waktu berarti semua makluk hasil evolusi adalag ilusi
  41. March 23, 2011 at 5:10 pm | #48
    Pertanyaan yg bodoh tapi alami,kok.Bodoh karena memicu kontroversi alami karena sangat manusiawi. Tapi kalau mengenai Tuhan,pasti dong Tuhan tidak akan sama dan serupa dgn manusia atau makhluk ciptaanya. Tuhan itu sendiri dalam pokok pikiran kita harus berbeda dgn makhluk ciptaannya( dalam artian zat tuhan sendiri).Dalam ajaran kebhatinan dari agama manapun, kerendahan manusia tidak akan mampu untuk mengetahui hakiki Tuhan ataupun Dewa itu atau apapun NamaNya, kecuali orang-arang yang dikehendakiNya.Jangankan Tuhan, kita sendiripun tidak mampu mengenali roh kita sendiri, yang menghidupi diri kita. Namun kita juga tidak mungkin mengimani Tuhan yang tidak kita ketahui, tidak kita kenal. Itu namanya bodoh dan sesat, tapi kalau tetap ingin mengetahui siapa Tuhan, dekatilah Dia. Matilah sebelum mati, dan pelajarilah alam maha luas ini dengan pencapain logika dan nalar, sampai akhirnya Tuhan itu sendiri akan mendatangi anda. Hingga anda akan beriman dengan sebenar-benarnya iman, bukan hanya karena katanya.
  42. April 24, 2011 at 2:40 am | #49
    Red tea china tea sale:da hong pao,oolong tea,jin jun mei,lapsang souchong,red tea,china tea,chinese tea.Wu Yi Shan Tea of High Quality Worldwide Orders are Accepted:red tea
  43. June 18, 2011 at 1:13 am | #50
    本公司专业提供北京发票服务www.tjbz022.com天津刻章.
  44. July 7, 2011 at 10:57 pm | #51
    Ini baru cerita aneh bin ajib.. Tidak percaya ada Tuhan kok bertanya tentang Tuhan…
    • jack
      July 8, 2011 at 4:51 pm | #52
      wah kalau orang menanyakan sesuatu yang tidak dipercayainya sebaigai keajaiban, bisa penuh ni dunia dengan keajaiban
  45. ady
    August 6, 2011 at 11:31 pm | #53
    Menjawab Eksistensi “Tuhan”:
    Wahai kaum yg berfikir coba renungkan ayat Al-quran berikut ini, jelaslah Firman Allah dlm Alquran surah Al-Anbiya ayat 30 yg menunjukkan eksistensi Dirinya (Allah Ta’ala) sbg Tuhan:
    “Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”

    sudah sgt jelas ayat yang diwahyukan Allah pada abad ke-7 ini baru jelas maknanya setelah ilmu kosmologi dan ilmu biologi berkembang pada abad ke-20. Mari kita beberkan satu per satu:
    1. penjelasan penciptaan alam semesta:
    kalimat pertama dari ayat diatas menerangkan penciptaan alam, dimana baru pada tahun 1929 dunia astronomi menyadari bahwa galaksi-galaksi saling menjauhi satu sama lain, dan ini berarti bahwa alam semesta berada dalam keadaan berekspansi atau mengembang. Baru pada tahun 1965 ditemukan bukti-bukti ilmiah bahwa pada mulanya seluruh isi alam semesta (langit) ini berpadu dalam tingkat kepadatan yang tidak terhingga (infinite density), lalu dengan proses Dentuman Akbar (Big Bang) pada sekitar 14 miliar tahun yang silam maka terciptalah alam semesta ini dan lambat laun terciptalah bumi. Apakah ini belum mjd bukti??

    2. Penjelasan ttg era kehidupan hewan: bacteria, tumbuh2an, invertebrata, ikan purba, amphibia, reptilia (dinosaurus cs), mamalia
    kalimat kedua dari ayat diatas menjelaskan pembentukan kehidupan hewan di bumi. Berdasarkan ilmu pengetahuan modern proses seluruh kehidupan di bumi ini dimulai dari air yaitu air laut. Padahal Allah sdh menjelaskan dlm kalimat “….Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup…”
    kalimat diatas menjelaskan bahwa dari situlah lahir era pra-cambrium. Periodenya dimulai dari pembentukan Bumi sekitar 4,5 miliyar tahun yang lalu (Allahu’alam) hingga penciptaan hewan makroskopik bercangkang keras, yang menandai dimulainya Kambrium yg inti mulanya berawal dr air laut, kemudian baru penciptaan invertebrata & ikan kuno, berlanjut amphibi besar & serangga raksasa, dilanjutkan kepunahan sebagian amphibi dan serangga sec. besar-besaran, dan dari kepunahan itulah dimulainya era reptilia atau kita kenal dengan era dinosaurus, yg terbagi menjadi 4 zaman: Triassic–Jurassic-Cretaceous-Tertiary(terakhir). Setelah itu terjadi kepunahan masal dinosaurus dan lahirlah era hewan mamalia, yg telah dipersiapkan Allah untuk Nabi Adam a.s. dimana jasad dr hewan mamalia tsb telah disesuaikan oleh Allah dgn kondisi Nabi Adam a.s. agar nantinya dapat dimanfaatkan oleh anak cucu Adam untuk kebutuhan sehari-hari kita. Apakah kalian tdk sadar ilmu pengetahuan sejalan dg Firman Allah dlm Alqur’an yg diturunkan sblm era modern dimulai ribuan tahun lalu??

    3. Penciptaan Manusia telah difirmankan Allah dlm Alquran surah al-Mu’min :66 ribuan tahun sblm ilmu kedokteran menerangkannya:
    “Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah kemudian dari setetes air mani, sesudah itu dari segumpal darah, kemudian dilahirkannya kamu sebagai seorang anak, kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya kamu sampai kepada masa (dewasa), kemudian (dibiarkan kamu hidup lagi) sampai tua, di antara kamu ada yang diwafatkan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) supaya kamu sampai kepada ajal yang ditentukan dan supaya kamu memahami (nya)”.

    Maka Jelaslah ada absolutisme Tuhan (Allah Ta’ala) dlm setiap penciptaan kehidupan. dijelaskan dlm Alqur’an surah Al-ikhlas ayat 1-4:
    “Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia “.

    surah di atas telah nyata2 mnjelaskan absolutisme dr hakekat keberadaan “Tuhan” dg kalimat sederhana, singkat, tanpa penjelasan yg rumit dan dpat ditangkap nalar tanpa adanya pemaksaan pemikiran tertentu. Mari beberkan satu per satu:
    1. “Tuhan” harus mempunyai nama/panggilan yg meliputi segalanya:
    Bahwa Sesungguhnya “Allah“ adalah nama zat dari Tuhan swt yang diperkenalkan sendiri oleh-Nya. Selain sebagai nama bagi zat Tuhan swt, “Allah“ adalah juga tempat terkumpulnya atau terhimpunnya seluruh sifat yang dikandung zat-Nya, sehingga “Allah“ sebagai sebutan yang utama untuk Tuhan sudah meliputi Tuhan secara keseluruhan yang terdiri dari zat dan sifat-Nya yg Maha Esa. maka dari itu “Tuhan” haruslah esa(satu2nya) krna jk Dia terpecah atau berbilang 2,3, atau 4 maka masing2 akan meng-klaim nama “Allah” dan saling mengungguli satu sama lain. Namanya akan mjd rancu untuk mnyebut Tuhan yg satu dg Tuhan satunya shg tdk mungkin Tuhan itu berbilang. jk dia terpecah atau terbilang maka dia bkn tuhan krna menyalahi zat dan sifatNya yg Maha Esa. Allah adalah Satu dan hanya Satu, tidak mempunyai sekutu dan tandingan, tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya. Zat Allah yang suci tidaklah tersusun dari bagian-bagian seperti jasad mahluk hidup. Zat-Nya sangat sempurna dan tidak serupa dengan zat-zat lainnya.

    2. Tidak ada pertentangan antara zat dgn sifatNya:
    Hubungan antara zat dan sifat pada hakikatnya adalah hubungan sebab akibat yang saling terkait dan saling menerangkan antara keduanya. Keberadaan sifat disebabkan karena adanya zat dan keberadaan zat hanya bisa dinyatakan dengan adanya sifat, sehingga melalui hubungan tersebut “Tuhan” telah membukakan satu celah yang bisa dimasuki oleh akal manusia untuk mengetahu hakikat zat-Nya dengan benar. Contoh yg paling jelas adl zat Tuhan yg tdk beranak dan tdk pula dilahirkan, maka sesuailah dg sifat Tuhan yg Maha Esa lg Maha Suci. Dia tdk memenuhi kbthn, bertahan hdp, mnderita, mati, krna kesifatanNya yg Maha Perkasa, Maha Kuat. Allah itu Maha Esa Zat-Nya yang berati Zat Allah itu tidak sama dengan apapun juga. Allah itu Maha Esa Sifat-Nya yang berarti Allah itu bersifat dengan segala sifat kesempurnaan yang tidak sama atau dipersamakan dengan sifat selain Allah. Allah itu Maha Esa Perbuatan-Nya yang berarti seluruh perbuatan Allah tidak bisa ditiru atau dicontoh oleh siapapun. hanya Allah yang berkuasa untuk melakukan sesuatu.

    3. Sifat Tuhan tdk boleh menyamai Makhluknya krn Dia yg Maha Absolute:
    sifat yang harus dimiliki “Tuhan” adalah sifat yang maha sempurna yang tidak dimiliki oleh selain “Tuhan” (Makhluk-Nya). Karena apabila terjadi persamaan antara sifat yang dimiliki oleh “Tuhan” dengan sifat yang dimiliki oleh selain “Tuhan” (Makhluk-Nya), maka sifat tersebut bukan lagi menjadi sifat “Tuhan”, karena “Tuhan” tidak bisa dipersandingkan dengan apapun sebagaimana yang dinyatakan dalam surah diatas “dan tidak ada sesuatupun yang setara dengan Dia”. Tentunya Dia tdk berwujud sprti kita(manusia), krna wujudNya dan eksistensiNya tdk bs dijangkau akibat Kemaha-SempurnaanNya. Dia tdk bs dilukiskan, digambarkan, Dibuatkan Patung, tp wujud “Tuhan” bisa kita rasakan lewat Sifat2Nya, apakah itu tdk cukup relevan bagi kita?? maka itulah “Tuhan” Sejati sesuai dg surah diatas “Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.” hal itu sesuai dg nama, zat dan sifatNya.

    Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi al-Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya (QS Ali Imran: 19).
  46. Ahli Surga
    August 11, 2011 at 11:50 am | #54
    Subhanallah…..walhamdulillah….walailla hailallah……Kuagungkan nama-Mu ya Allah dari kaum kafir dan Atheis yang mengingkari-Mu …..
  47. August 13, 2011 at 10:17 am | #55
    sekarang saya mau bertanya??
    ”tiada tuhan selain allah”
    dri kta2 trsebut yg d mksut tuhan tu spa?
    dan allah tu spanya kalian??
    • Jack
      August 13, 2011 at 12:23 pm | #56
      hehehehehehehe, sampeyan mau bertanya apa kagak aje masih binyung
      “sekarang saya mau bertanya??”
      sampeyan tahu fungsi tanda ? bukan
    • adil hartono
      August 19, 2011 at 7:25 am | #57
      tuhan, adalah sesuatu yang SEKALIGUS dicintai, ditaati, ditakuti.da ALLAH adalah tuhannya orang tslam. semua orang wajib beribadah kepadaNYA.
  48. August 13, 2011 at 10:25 am | #58
    bener skali tu kta ”nabi banyak isteri”
    saya tdak melihat bahwa muhammad tidak ada dlm kjadian tsbut.,
  49. August 13, 2011 at 11:22 am | #59
    @ semua penghina Islam & Muhammad, kalian bisa baca tulis kan?…pada pinter komputer sama internet juga….coba kalian kalahin Muhammad yang ga bisa baca tulis…tapi bisa bikin Al-Quran(itu menurut kalian bahwa Alquran karangan Muhammad dan demi ALLAH! Alquran adalah bikinan ALLAH SWT!!). Bikin kitab yang sejenis yang juga berisi ilmu pengetahuan, sejarah dan ramalan masa depan…yang benar2 akurat…kalau perlu bikin kerja kelompok…dan jika sudah selesai proklamirkan diri kalian sebagai Nabi….dan agama kalian harus bisa diikuti minimal 500 ribu pengikut dalam waktu 25 tahun. kemudian kuasai kota setempat kalian seperti yang dilakukan Muhammad pada kota Mekkah dan pengaruh agama kalian harus bisa kuat sampai abad2 berikutnya. tantangan ini berhadiah 1 Trilyun Dollar jika kalian mampu. INGAT AGAMA YANG DIBAWA MUHAMMAD “SIBUTA HURUF” MASIH BERTAHAN SAMPAI DENGAN SEKARANG DAN PENGIKUTNYA MAKIN BERTAMBAH HINGGA SEKARANG!!!! masak kalian bisa baca tulis malah jago internetan kalah!!!!! JANGAN CUMAN NGEBACOT AJA!!!!!
    • toyib
      September 15, 2011 at 4:09 pm | #60
      kata siapa nggak bisa baca tulis!….kalau nggak bisa baca tulis,….. mengapa sama khadijah disuruh pegang pembukuan di bisnisnya khadijah?
      kita sepertinya terjebak dengan ” Iqro ” yang mana muhammad bilang kalau nggak bisa….. padahal yang suruh dibaca tidak ada.
      • September 16, 2011 at 3:23 pm | #61
        membaca atau berhitung bang??
        pulang dulu sono, istri sudah menunggu loh
  50. Ha… ha… ha… ha…..ha…
    August 19, 2011 at 8:40 am | #62
    H
  51. Kambe Hai Tutu
    August 19, 2011 at 8:49 am | #63
    Sudah pikun ya mbah. Ngamuknya kayak bocah.
    O’ya mbah, kalau minum serebrofit kapsul secara rutin pasti otaknya segera pulih, pikiran jadi jernih, tidak kekanak-kanakan.
    Harga per keping sekitar Rp. 15.000,- diminum minimal selama 1 bulan, dijamin tokcer tu otak.
    • faham
      August 19, 2011 at 9:56 am | #64
      saran yang bagus buat “tuhan” tuh…. siapa tahu jadi nggak pelupa kapan hari kiamat….
  52. ISI AYAT ALKITAB
    August 19, 2011 at 2:39 pm | #65
    SIMAK BAIK-BAIK AYAT ALKITAB BERIKUT :
    7:21Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
    7:22Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
    7:23Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”
    ———————————————————————————————————–
    DARI AYAT INJIL DI ATAS, JELAS SEKALI BAHWA YG MENYERU YESUS ADALAH TUHAN TIDAK AKAN MASUK KERAJAAN SURGA.
    Yg akan masuk kerajaan surga adalah umat manusia yg melakukan kehendak Bapa, seperti yg di ajarkan Yesus.
    Jadi walaupun mereka bernubuat demi nama Yesus, dan mengusir setan demi nama Yesus, dan mengadakan banyak mujizat demi nama Yesus….itu sia-sia, karena itu adalah sesat & keliru !!!
    Saat itulah Yesus akan memberitahu mereka bahwa Yesus itu bukan Tuhan, melainkan Rasul utusan Allah.
    Dan yg wajib disembah adalah Allah, bukan Yesus yg adalah utusan Allah.
  53. ISI AYAT ALKITAB
    August 19, 2011 at 2:41 pm | #66
    INJIL YG DIAJARKAN YESUS BERBEDA DENGAN INJIL YG ANDA PEGANG SAAT INI !!!
    Injil yg Anda pegang sekarang ini isinya adalah kehendak & surat-surat Paulus & pengarang Injil lainnya.
    Tidak mungkin Yesus mengajarkan Injil yg kalian pegang sekarang ini, yg berisi surat & kehendak Paulus seperti :
    - Kisah Para Rasul
    - Roma,
    - Korintus
    - Filipi
    - Galatia
    - Tesalonika
    - dll

    Dan tidak mungkin juga Yesus mengajarkan Injil berikut yg menceritakan kisah penyaliban Yesus :
    - Matius
    - Markus
    - Lukas
    - Yohannes
    —————————————————————————————————————–

    Tidak mungkin Injil berisi tokoh-tokoh dengan nama dari Eropa, bahasa, Eropa dan semua made in Eropa. Masak ada nama Yesus…….., Yohanes, Timotius, Stefanus, Paulus, wajah Yesus juga bule Eropa, bahasa Injil juga Eropa.
    Itu sama artinya Anda punya kitab Pararaton, tetapi berbahasa Inggris dan nama tokoh-tokohnya di ganti Robert, William, John, Charles, dll.
    Padahal tokoh dalam kitab Pararaton adalah Ken Arok dengan bahasa Jawa Kuno tentunya.

    BERPIKIRLAH…..ANDA ITU MANUSIA, BUKAN DOMBA.
    • prem
      September 7, 2011 at 3:19 am | #67
      alquran diturunkan kepada muhammad, jaDI dia menerima otobiografinya sendiri dari surga. jadi dia tau apa yang akan terjadi pada dirinya kelak. sangat membingungkan. Anda menganggap logika org Islam itu paLING hebat. seharusnya negara islam itu maju, bisa ciptakan mesin dan lain sebagainya. benar2 kedelai.
    • edo
      September 15, 2011 at 4:50 pm | #68
      Katrooq….katrooq,..anda ini tahu nggak sih dengan yang namanya injil ?..kalau nggak tahu mestinya nggak usah komentar panjang lebar seperti ini….. malu ..maluin ….. kelihatan sekali akan kebotolan anda,……..sono belajar tahu dulu tentang injil, …baru posting lagi OK.!!
  54. mbah tua
    August 19, 2011 at 3:30 pm | #69
    @kambe hai tutu, ga berani ya terima tantangan…..percuma sekolah tinggi2 tapi kalah sama orang buta huruf……
  55. UMAT MUHAMMAD
    August 19, 2011 at 5:43 pm | #70
    kalian, laknatullah…. pastilah akan tiba kemenangan agama kami ,
    ttd,

    Pengikut Nabi Besar Muhammad SAW….
  56. jogelo
    August 20, 2011 at 12:31 pm | #71
    Orang Atheis itu ilmu pengetahuannya sangat dangkal sekali. Tapi ia sangat mengagung agungkan ilmu pengetahuan.Ia seperti orang buta yang memegang gajah, ketika ditanya bagaimana bentuk gajah maka ia akan menjawab kalau gajah itu kecil dan panjang karena yang ia pegang adalah ekornya.Dan itu tidak terbantahkan oleh siapapun juga karena ia mempunyai bukti yang valid (menurut dia).
    Perlu diketahui bahwa ilmu pengetahuan itu sangat luas, makin dipelajari makin banyak yang tidak kita ketahui. itu membuktikan bahwa kemampuan manusia itu amat sangat terbatas dibandingkan dengan rahasia-rahasia alam semesta ciptaan Allah. Allahu Akbar…Allahu Akbar……Allahu Akbar.
    Saya yakin orang atheis juga punya nyawa. Tapi dapatkah anda menjawab dimana itu letak nyawa?Apakah di kepala? Kalau dikepala seharusnya manusia tanpa tubuh sudah bisa hidup! Tapi bagaimana kenyataannya? Apakah di Jantung? Apakah di otak? Apakah diseluruh organ-organ penting? Atau diseluruh tubuh?
    Manusia sudah banyak yang bikin robot yang dilengkapi micro prosessor super canggih, memmori sampai terra byte, sensor-sensor yang peka,sehingga ia bisa kita perintah lewat suara untuk berjalan, berlari, menari dan lain-lain. Tapi apakah ia punya nyawa? punya perasaan ? punya mimpi?
    Bukankah itu semua dapat kita rasakan tapi kita tidak bisa membuktikan karena akal pikiran kita amat sangat terbatas.
    Begitu juga dengan Allah, orang bertaqwa pasti merasakan kehadiran-Nya.
    Jika Orang tidak merasakannya berarti ia tak ubahnya seperti robot. Sungguh rendah martabatnya karena hewan saja punya nyawa dan juga punya naluri.
    Bertobatlah sebelum Allah mencubit kamu untuk mengingatkanmu.
    Jangan setelah dicubit kamu malah bertanya ” Ya Allah , dosa apa yang saya perbuat sehingga engkau beri cobaan yang begitu berat ini?”.
  57. novel
    August 23, 2011 at 2:38 pm | #72
    Ateis selalu berpemikiran logika hidup adalah untuk makan dan makan adalah untuk hidup. Hanya urusan perut yang di jadikan sandaran hidup. jadi tidak ada bedanya dengan hewan.
  58. August 28, 2011 at 7:58 am | #73
    lebih baik atheis dpd jadi islam…..atheis lebih pintar….bandingkan teknologi dan seni dari rusia , cina dengan arab…JAUH….. hehehe mari belajar sampai ke negeri cina….
    • August 29, 2011 at 12:05 pm | #74
      la kenapa dulu sampeyan hina orang arab nggak mampu menciptakan apapun??
      kan pandito sampeyan juga sami mawon nggak bisa
  59. jogelo
    August 28, 2011 at 2:35 pm | #75
    Hua…ha…ha…haaaa….hoak……buat apa pintar kalau masih lebih mulia hewan. Kalau mereka pintar, coba suruh buat nyawa! atau kalau bikin robot nggak usah yang besar karena lebih sulit, bikin aja yang lebih mudah yang kecil sebesar kutu!…
    Islam belum tentu arab, arab belum tentu Islam. Nabi Muhammad saw. orang arab tapi atheis Fir’aun juga orang arab. Islam tidak buta tehnologi karena dalam Al qur’an banyak tersurat dan tersirat dasar dasar ilmu pengetahuan modern. ISLAM YES, TEKNOLOGI YES…………
    • August 29, 2011 at 11:40 pm | #76
      yah harap dimaklumi, itulah kalau iman dan akal sudah nggak sejalan lagi
  60. August 28, 2011 at 3:25 pm | #77
    Kecerdasan asalnya dari Tuhan…..Nah udah nungging menghadap batu…cari rahmat dengan harapan Teknologi tiba2 datang ke Arab..dan pengikutnya….kok gak nongol2…
    Malah si Kafir..,. dan si Amerik, Eropa.Jepang, kore… dikabulkan kerja kerasnya.. dan doanya yang tak nungging ke hajar syahwat…..Penemuan Teknologinya memuliakan kehidupan manusia didunia….. Si Arab dkk…. ya ngekor sajalah…
    Slim..Slam… coba kau teliti… semua alat audio, visual..transportasi…IT dll..buatan siapa? Ngerti gak…?
    • August 29, 2011 at 12:08 pm | #78
      awalnya muja atheis, setelah kefefet balik lagi ke Tuhan. orang model gini ngajak debat, weleh2
      sudah gue teliti selama ribuan detik, dan ternyata itu mustkhil buatan panditowan dan panditowati soalnyah panditowan panditowati aje masih nganggep bumi ini ceper kayak koin
  61. August 29, 2011 at 7:40 pm | #79
    Ya sudah kalo gak bisa buktikan….gak apa kok…semua juga tau…!!!
    • August 29, 2011 at 7:55 pm | #80
      iya betul semua orang juga tahu panditowan dan panditowati masih nganggap bumi itu ceper kayak koin
  62. jogelo
    August 30, 2011 at 10:23 am | #81
    jawab pertanyaan saya. bisakah mereka bikin nyawa???????????????………….
  63. nemo
    September 5, 2011 at 9:01 am | #82
    jika benar al quran itu adalah murni semuanya adalah Firman ALLAH, kenpa harus mem Firmankan tentang POLIGAMI nabi nya, derajat orang ( dalam hal ini wanita ), berjihad dan berperang… Hal-hal itukah yg diajarkan oleh Yang Maha Kuasa ??????
    dalam hukum islam mengharuskan dia yg kedapatan mencuri harus dipotong tangannya, dan bagi wanita yg ketahuan berzinah harus di razam atau dilempari batu sampai mati…
    apa Dia yang Maha Kuasa berfirman seperti itu ??? kalau iya kenapa Dia tidak memilikki Kasih sayang dan Pengampunan…

    pada suatu ketika ahli Taurat membawa seorang wanita yang kedapatan berbuat zina kepada Yesus, dan bertanya ” apakah yang harus kami lakukan kepada wanita ini untuk dihukum” ??
    tetapi Yesus berkata ” siapakah diantara kalian yang TIDAK BERDOSA hendaklah menghukumnya”, maka ahli-ahli Taurat tersebut pergi dan meninggalkan dia..
    • :-)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Item Reviewed: Menjawab Pertanyaan Atheis Tentang Adanya Tuhan Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi